- Advertisement -

Cara Mengatur dan Menyiapkan Jadwal Kuliah Sebelum KRS / Masuk Kuliah

- Advertisement -

Mengatur jadwal kuliah mandiri sebenarnya menyenangkan karena kita bisa memilih dan mengatur jadwal kuliah kita sehingga kita bisa memilih kuliah di pagi, siang, atau sore hari. Namun ternyata mengatur jadwal kuliah bisa saja merepotkan, karena bisa saja ada kelas yang bertabrakan, tidak mendapatkan kelas saat KRS online, dan lain sebagainya.

Yang perlu kalian lakukan adalah menyiapkan jadwal kuliah kalian setelah daftar mata kuliah dan kelas diberikan oleh pihak kampus. Kalian bisa mengatur jadwal kelas bersama teman kalian supaya bisa kuliah satu semester bareng atau mengatur jadwal kuliah kalian sendiri.

Menyiapkan Jadwal Kuliah Kalian

Langkah pertama dalam mengatur jadwal kelas kalian adalah memutuskan kelas mana yang harus diambil. Tampaknya sederhana, tetapi memilih dari daftar kelas yang diberikan bisa saja membuat kalian bingung. Ada begitu banyak kelas untuk dipilih, jadi pilih kelas yang kalian perlukan untuk jurusan kuliah kalian selama satu semester.

Dalam menyiapkan jadwal kelas ini ada banyak faktor yang bisa berpengaruh, yaitu mata kuliah, dosen, jadwal, dan teman. Pastikan mata kuliah yang akan kalian ambil sesuai dengan keinginan dan saling terkait dalam setiap semesternya. Untuk dosen, kalian bisa tanyakan kepada kakak tingkat kalian tentang dosen yang mengajarnya menyenangkan dan mudah dipahami, atau bisa juga dosen yang murah nilai.

Cara Mengatur dan Menyiapkan Jadwal Kuliah Sebelum KRS / Masuk Kuliah
Mengatur Jadwal Kuliah – pexels.com

Pastikan juga mata kuliah yang kalian ambil tidak lompat ke semester lain, artinya mata kuliah/kelas tersebut memang dikhususkan untuk kalian di semester tersebut. Hal ini penting untuk mata kuliah yang wajib diambil. Kalian tentu tidak inginkan, kuliah bersama dengan adik tingkat atau mahasiswa baru karena kalian salah dalam memilih kelas.

Kalian juga perlu memikirkan waktu kelas. Apakah Kalian ingin semua kelas berada pada hari tertentu saja sehingga ada hari dimana tidak ada kelas atau libur? Misalkan kalian mengambil kuliah di hari Selasa, Rabu, Kamis, Jumat sehingga hari Seninnya bisa libur. Selain itu, pastikan pula tidak ada mata kuliah yang berat dikumpulkan dalam satu hari sehingga jika ada tugas maka akan menumpuk di hari tersebut.

Perhatikan Persyaratan Pengambilan Kelas Sebelum Menyiapkan Jadwal Kuliah

Lihatlah prasyaratnya mata kuliah yang akan diambil. Jangan sampai menyiapkan jadwal kuliah dan mengambil kelas yang tidak dapat kalian ambil. Misalkan jika kelas mata kuliah X memiliki syarat harus lulus terlebih dahulu mata kuliah Y dengan nilai minimal B maka kalian hanya bisa mengambil mata kuliah tersebut jika sudah memenuhi syarat.

Terkadang ketika pendaftaran kelas online atau KRS online, kalian bisa mengambil kelas yang tidak memenuhi syarat walaupun kalian tidak memenuhi syarat untuk mengambil mata kuliah tersebut. Kemudian, ketika kelas dimulai, kalian terpaksa tidak bisa mengikuti kelas tersebut sehingga kalian harus mengambil kelas baru yang tentunya merupakan kelas sisa.

Saatnya KRS War Online

Setelah jadwal kuliah direncanakan, saatnya untuk mendaftarkan kelas pada saat KRS. Biasanya jadwal KRS sudah ditentukan oleh pihak kampus dan sudah dikelompokkan berdasarkan fakultas dan angkatan sehingga tidak membebani server. Pastikan kalian sudah memenuhi segala syarat termasuk sudah heregistrasi dan membayar uang kuliah sebelum bersiap mengatur jadwal kuliah.

Baca juga: 6 Tips Belajar Terbaik untuk Mahasiswa agar IPK Naik

Tinggal kalian pilih kelas yang sudah kalian jadwalkan. Karena ini online kalian harus cepet-cepetan memilih kelas dan bersaing dengan mahasiswa lain. Jangan sampai kalian kehabisan kelas dan terpaksa memilih kelas yang seadanya. Tentunya tidak sesuai dengan jadwal kuliah yang sudah kalian susun.

Tips & Trik Memilih Jadwal dan KRS Online

  1. Jadilah asisten dosen, student staf kampus, ketua organisasi, dsb. karena kalian akan mendapatkan hak spesial. Biasanya akan ada jadwal khusus bagi mereka dan ditempatkan diawal KRS sehingga bisa memilih kelas lebih awal dan leluasa.
  2. Seimbangkan jadwal kelas kalian jangan sampai kalian mengambil kelas/SKS terlalu banyak sehingga kalian keteteran saat kegiatan perkuliahan sudah berlangsung.
  3. Siapkan jadwal cadangan, karena hal ini berguna jika kalian tidak mendapatkan jatah kelas sesuai jadwal awal.
  4. Dalam menyiapkan jadwal kelas kuliah sebaikanya konsultasikan dengan dosen pengampu kalian / dosen pendamping akademik. Hal ini supaya jadwal kalian sesuai dengan urutan yang harus diambil sehingga kalian bisa lulus dengan tepat waktu.
  5. Jangan memilih mata kuliah/kelas di semester atas supaya kalian tidak harus kuliah bersama adik tingkat karena kalian belum mengambil mata kuliah wajib di semester bawah.

Itu dia tips dan trik dalam menyiapkan jadwal kuliah. Jika kalian memiliki pertanyaan terkait memilih jadwal kuliah bisa kalian tanyakan di kolom komentar, kalian juga bisa ceritakan pengalaman kalian dalam memilih kelas saat KRS war online. Biasanya menegangkan saat perang memilih kelas.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

- Advertisement -

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -