- Advertisement -

Persiapan Pendaftaran & Mekanisme Pelaksanaan CPNS 2021

- Advertisement -

Pemerintah berencana untuk membuka pendaftaran CPNS di tahun 2021. Pendaftaran pada tahun 2021 ini diperkirakan akan memiliki banyak peserta yang ikut mendaftar karena tidak dibukanya pendaftaran CPNS di tahun 2020. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mengikuti pendaftaran CPNS 2020.

Persiapan Pendaftaran CPNS tahun 2021

Sambil menunggu informasi resmi dirilis oleh pemerintah terkait dengan pembukaan pendaftran CPNS 2021, sebaiknya siapkan dokumen yang diperlukan. Sebaiknya hindari untuk menyiapkan dokumen di dekat batas waktu pengumpulan berkas. Hal ini sangat penting agar tetap dapat mempersiapkan diri secara optimal dan juga bisa mempersiapkan syarat yang hilang atau jika ada tambahan nantinya

Dokumen dan persyaratan yang harus disiapkan untuk pendaftaran CPNS 2021, antara lain:

  1. Foto formal dengan latar belakang merah
  2. KTP atau surat keterangan kependudukan (diperoleh dari Catatan Sipil) dan Kartu Keluarga (KK)
  3. Selfie (foto selfie) dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Informasi Akun
  4. Surat permohonan yang ditujukan kepada instansi sesuai dengan formasi yang dipilih
  5. Diploma dan transkrip nilai pendidikan terbaru (disesuaikan dengan kondisi formasi yang dipilih)
  6. Dokumen pendukung lainnya (disesuaikan dengan instansi yang dituju)

Seluruh proses pendaftaran CPNS tahun 2021 akan dilakukan secara online, sehingga pelamar bisa men-digitalisai dokumen-dokumen diatas dengan melakukan scan dokumen, lalu mengumpulkan dokumen (Bisa berformat .jpg, .png, .pdf, .doc) yang sudah dipindai di laman SSCAN.

Mekanisme Pelaksanaan CPNS 2021

Proses Seleksi CPNS 2021 yang dilakukan oleh Badan Layanan Sipil Negara (BKN) akan tetap mencermati protokol kesehatan sehingga akan dilaksanakan secara online. Berdasarkan penjelasan Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Badan Layanan BKN, mekanisme rekrutmen CPNS 2021 akan mengadopsi aturan tes dan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada CPNS tahun 2019.

Peserta dapat memilih lokasi untuk tes CPNS 2021 selama mereka tetap menerapkan protokol kesehatan. Secara umum, pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2021 akan sama dengan seleksi CPNS tahun sebelumnya. Pelamar perlu menjalani rangkaian seleksi dan harus lolos tahapan tes, mulai dari seleksi berkas, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) oleh BKN, Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dari instansi tujuan, dan sebagainya.

Informasi mengenai waktu pelaksanaan CPNS 2021, jumlah, dan perkiraan formasi yang dibuka belum dirilis secara resmi oleh pemerintah. Namun, akan ada sedikit perubahan prioritas formasi yang akan dibuka sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Sehingga pada tahun 2021 nanti hanya ada beberapa formasi yang dibuka saja.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

- Advertisement -

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -