Revolusi Pasar Mata Uang Kripto Indonesia Bersama IndoDEX

Pasar aset kripto di Indonesia secara konsisten sudah mencatatkan pertumbuhan positif dan tertinggi sepanjang sejarah yang bahkan melebihi kecepatan pertumbuhan investor saham, terutama sejak saat pemerintah mulai mengakui kripto sebagai aset komoditas perdagangan.

Jumlah investor kripto mencapai 6,5 juta pengguna dalam catatan Kementerian Perdagangan pada bulan Mei 2021 dengan total transaksi menembus Rp. 370 triliun. Menurut data dari Bursa Efek Indonesia, jumlah yang dicapai dari investor kripto per Mei 2021 tersebut lebih tinggi dari investor pasar modal yang jumlahnya kisaran Rp. 4,5 juta per Februari 2021.

Tingginya minat investor saat ini terhadap aset kripto, memerlukan banyaknya edukasi mengenai pemahaman kripto agar para pengguna tidak melakukan kesalahan – kesalahan yang dapat menimbulkan kerugian.

Kekurangan & Kelemahan CEX

Kekurangan & Kelemahan CEX

Visi awal dari penciptaan kripto melalui Bitcoin adalah menghilangkan peran sentral dan tidak dikontrol oleh siapa pun atau terdesentralisasi. Salah satu pihak pengganti yang memiliki pengaruh terbesar dalam peran sentral dan kontrol terhadap kripto adalah Centralized Exchange (CEX) yang dimana sederhananya CEX ini adalah tempat untuk membeli atau menjual aset kripto.

Namun CEX ini memiliki kelemahan yang cukup menyulitkan penggunanya. Kelemahannya adalah saat kita memilih menggunakan CEX, maka CEX akan memiliki akses dan kontrol sepenuhnya terhadap aset kita. Hal ini membuat CEX sangat rentan terhadap penyalahgunaan atau penyelewangan yang prakteknya ini adalah fakta yang terjadi dilapangan.

Sudah ada puluhan CEX yang mengalami peretasan dengan mengakibatkan kerugian hingga 1.4 triliun. Ada juga CEX yang memiliki kelemahan dengan adanya sisi kebijakan yang tidak berpihak seperti yang dilakukan oleh salah satu raksasa CEX yaitu Binance yang melarang penggunanya untuk menarik aset mereka dan bahkan membekukan akun penggunanya secara sepihak.

Tentu bukan itu saja penyelewangan yang dilakukan CEX. Sangat banyak masalah aset-aset yang diperjual-belikan di CEX yang hanya menguntungkan bagi pihak CEX namun dapat merugikan penggunanya. Jika suatu aset tidak menguntungkan atau bahkan dikategorikan bermasalah menurut CEX, maka pihak CEX bisa menghilangkan aset tersebut dari daftar jual beli secara sepihak. Ironisnya, CEX masih menjadi pilihan utama bagi pengguna untuk menjual dan membeli aset kripto di Indonesia.

Dalam pemikiran revolusi harus segera dimulai dengan memperjuangkan semangat sampai setiap individu memiliki kontrol penuh atas apa yang seharusnya mereka miliki, sudah waktunya kita beralih dari platform yang dikontrol oleh satu pihak ke platform yang memberikan kita kontrol sepenuhnya.

Kelebihan IndoDEX Dibandingkan dengan CEX

Kelebihan IndoDEX Dibandingkan dengan CEX

IndoDEX adalah platform pertukaran aset kripto terdesentralisasi di Binance Smart Chain yang berfokus pada merevolusi pasar mata uang kripto di Indonesia. Pengguna diberi insentif mengumpulkan likuiditas di IndoDEX melalui pertanian untuk mendapatkan mata uang asli,yaitu $IDDX.

Selain itu, pengguna dapat menggunakan $IDDX yang mereka dapatkan untuk mempertaruhkan dan mendapatkan token lain serta membuka fitur eksklusif. IndoDEX juga memiliki tim yang berdedikasi dengan pengalaman bertahun-tahun yang berkomitmen pada komunitas DeFi dan siap untuk merevolusi pasar Indonesia.

IndoDEX menawarkan kebebasan bagi para penggunanya dengan biaya transaksi yang lebih rendah, pengguna mendapatkan kontrol penuh, platform yang lebih aman, transparansi dan sangat mudah digunakan bagi para pengguna maupun pemula yang awam akan platform pertukaran aset kripto.

Keunggulan Decentralized Exchange dengan Centralized Exchange juga resiko peretasan sangat rendah jika dibandingkan kasus CEX yang mendapatkan resiko peretasan tinggi seperti kasus-kasus yang sudah terjadi dengan CEX. CEX juga mengharuskan kita memberikan banyak informasi saat bergabung sebagai pengguna.

Namun dengan DEX, kita bisa bergabung sebagai anonim, atau pseudonym yang berarti bisa menggunakan username alias. Oleh karena itu, hadirnya IndoDEX dalam pasar kripto di Indonesia ini akan sangat dan nyaman saat digunakan, khususnya bagi pengguna pemula.

Website & Sosial Media IndoDEX

Rekomendasi Untukmu

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti