- Advertisement -

Tips Memilih Jurusan di SBMPTN dan Ujian Tulis Mandiri UGM

- Advertisement -

Memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah karena jurusan tersebut akan kita jalani 4 tahun kedepan. Apalagi jika harus bersaingan dengan perserta ujian tulis / ujian mandiri UGM yang pesertanya sangat banyak seperti seleksi SBMPTN. UGM memang memiliki peminat yang sangat banyak tak heran jika seleksi mandiri UGM selalu ramai diikuti oleh calon mahasiswanya. Maka kalian harus pandai dan mencari tips memilih jurusan agar lolos SBMPTN / Utul UGM.

Kebimbangan dalam memilih jurusan pasti dirasakan oleh setiap peserta seleksi Karena pada seleksi kita hanya diperbolehkan memilih 2-3 jurusan saja. Tentunya jurusan yang dipilih sudah diurutkan prioritasnya. Jika kalian masih bingung dalam jurusan yang akan kalian inginkan, kalian bisa menyimak tips berikut.

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Tips memilih jurusan pertama adalah sesuaikan tujuan dan minat kalian

Pilih jurusan yang benar-benar Anda inginkan dan sesuai dengan bakat dan minat Anda, karena bakat akan membentuk minat seseorang sehingga Anda dapat mengetahui kemampuan seseorang. Memasuki jurusan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan mereka akan membuat proses perkuliahan menjadi nyaman. Sehingga mengurangi kebosanan saat di kelas atau sering bolos kelas.

Dengan mengetahui bakat, minat dan kemampuan mereka, calon mahasiswa dapat memilih cadangan utama jurusan lainnya. Jangan memilih jurusan yang populer, mahal atau bergengsi, tetapi sulit untuk dapat mewujudkan atau tidak sesuai impian kalian di masa depan. Orang-orang sukses adalah orang-orang yang tahu impian mereka dan juga tahu bagaimana membuat merekamewujudkannya.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah IPA / Saintek Terbaik & Prospek Kerjanya

Demikian juga, mahasiswa yang akan memilih jurusan di perguruan tinggi harus memahami apa yang mereka inginkan di masa depan dan mengetahui jurusan / program studi yang benar-benar mereka inginkan. Jadi, pilih jurusan yang Anda pilih sesuai dengan impian dan keinginan kalian karena dengan memilih jurusan sesuai dengan keyakinan kalian sendiri maka kalian akan merasa lebih mudah untuk mencapai masa depan yang cerah yang sesuai dengan impian kalian.

Jika kalian belum menemukan minat yang cocok, ingat pelajaran apa yang kalian sukai

Apakah kalian masih ingat mata pelajaran apa yang kalian suka? Tips memilih jurusan yang paling ampuh adalah menyesuaikan dengan mata pelajaran favorit. Jika Anda menyukai pelajaran yang tepat, maka Anda dapat memilih untuk mengambil jurusan yang sesuai dengan mata pelajaran tersebut. Jurusan di mana Anda memiliki hasrat besar untuk mempelajari pengetahuan tersebut, di mana Anda sangat tertarik untuk menjelajahi pengetahuan tersebut bahkan tanpa paksaan dan tanpa beban, jika terpenuhi, setelah lulus Anda dapat menerapkan pengetahuan itu dalam kehidupan sosial dan tentu saja mencari pekerjaan akan mudah.

Manfaatkan internet untuk mengetahui informasi tentang berbagai jurusan

Tips memilih jurusan ketiga adalah mencari referensi di Internet sangat penting bagi Anda yang bingung memilih jurusan untuk melanjutkan studi di UGM atau universitas negeri lainnya. Jangan kalian memilih jurusan yang sedang populer namun tidak sesuai dengan passion kalian memiliki gairah untuk itu sendiri.

Carilah blog yang membahas tentang jurusan yang membuat kalian tertarik atau kalian bisa memanfaatkan media sosial, seperti facebook, instagram,dan twitter untuk mencari informasi tentang jurusan. Kalian bisa bertanya dengan orang yang sudah kuliah jurusan yang ingin kalian ketahui melalui media sosial, dan bertanya apa saja tentang perkuliahan, misalkan tugas, suka duka, mata kuliah, dll.

Pilih jurusan yang memiliki banyak kuota kapasitas dan memiliki peluang besar untuk diterima

Tips memilih jurusan selanjutnya adalah perhatikan kuota/kapasitas mahasiswa yang dibuka di program studi dan universitas yang kalian inginkan. Perhatikan juga kuota jurusan SBMPTN / Utul pada tahun sebelumnya serta berapa banyak peminatnya sehingga kalian bisa mengetahui keketatan jurusan dan berapa perbandingan persaingan. Hal ini berguna untuk membandingkan dan memberikan gambaran keketatan dan persaingan tahun masuk kalian. Perhatikan alumni disekolah kalian apakah rata-rata diterima dijurusan tersebut, hal ini sangat berguna jika kalian mengikuti SNMPTN.

Cari prospek kerja di jurusan yang dipilih

Dengan mencari tahu prospek kerja maka kalian bisa tahu juga gambaran pekerjaan setelah lulus nantinya. Apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan passion kalian atau tidak. Prospek kerja ini juga bisa menjadi motivasi dan semangat kalian untuk bisa cepat-cepat lulus kuliah dan bekerja.

Itulah tips dalam memilih jurusan dalam SBMPTN terutama bagi kalian yang ingin memilih jurusan di Universitas Gadjah Mada. Jika kalian masih bingung, kalian mungkin bisa berkonsultasi dengan guru BK di sekolah kalian untuk mencari tahu jawaban atas kebingungan mencari jurusan yang tepat.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

- Advertisement -

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -