- Advertisement -

Apa itu KIP Kuliah (?) Cara Mendaftar & Mendapatkannya

- Advertisement -

Apa itu KIP Kuliah, Cara Mendaftar & Mendapatkannya – KIP adalah kartu bantuan bagi siswa SD sampai SMA yang kesulitan ekonomi sehingga tidak dapat melanjutkan sekolah. Untuk para mahasiswa/i yang sedang atau akan menempuh studi ada kartu bantuan dari pemerintah yang bernama KIP Kuliah. Jadi, KIP Kuliah merupakan kartu bantuan yang terkhususkan bagi mahasiswa.

Bantuan yang akan kalian dapat seperti biaya pendidikan, bebas biaya pendaftaran perguruan tinggi atau politeknik, dan bantuan biaya pendidikan kuliah. KIP ini merupakan pengganti program bidikmisi dari pemerintah. KIP kuliah ini tentunya ditujukan bagi mereka yang membutuhkan bantuan secara ekonomi.

Bagi keluarga yang memiliki KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) maka anak-anak mereka bisa mendapatkan KIP kuliah. Dan juga bagi yang memiliki KIP (SD-SMA) bisa mendapatkan KIP kuliah karena KIP dan KKS menjadi salah satu parameter untuk seleksi penerima.

Bagaimana cara mendaftar KIP Kuliah dan apa syaratnya? Data untuk syarat KIP terintegrasi antara instansi yang berkepentingan, seperti kemensos, kemendikbud, dapodik, LTMPT, dan pihak kampus.

Apa itu KIP Kuliah? Bagaimana Cara Mendaftar & Mendapatkannya?
Skema Integrasi Data

Akses Mendapatkan KIP Kuliah

Untuk mendapatkan KIP kuliah ada 2 cara:

  1. Daftar KIP-Kuliah lalu mendaftar/mencari kampus, atau
  2. Mencari Kampus baru mendaftar KIP-Kuliah

Untuk cara yang kedua ini ialah bagi mahasiswa yang sudah lolos di perguruan tinggi serta tidak mampu secara ekonomi, maka pihak kampus akan membantu untuk pendaftaran KIP-Kuliah atau bisa juga melakukan pendaftaran secara mandiri.

Baca juga: Cara Daftar KIP Kuliah untuk Siswa [Lengkap]

Cara Mendaftar KIP Kuliah

  1. Siswa bisa langsung mendaftar secara mandiri di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau melalui aplikasi KIP-Kuliah mobile apps yang bisa di download di Play Store.
  2. Saat melakukan pendaftaran, siswa memasukkan NISN, NIK, NPSN, dan email yang aktif ingin kalian gunakan untuk mendaftar.
  3. Jika proses validasi sukses, antara NIK, NISN, dan NPSN maka sistem akan mengirim nomor pendaftaran dan kode akses ke email pendaftaran.
  4. Silakan cek email dan login dengan nomor pendaftaran & kode akses yang ada dalam email.
  5. Siswa melanjutkan proses pendaftaran sampai selesai dengan mengisi data diri yang dengan lengkap.
  6. Jika sudah maka siswa memilih proses seleksi perguruan tinggi/politeknik (SNMPTN/SBMPTN/Mandiri/SMPN).
  7. Setelah selesai melakukan proses pendaftaran di laman seleksi maka selanjutnya jika lolos perguruan tinggi/politeknik maka akan ada verifikasi lebih lanjut oleh pihak perguruan tinggi sebelum berhak menerima KIP Kuliah.

Demikian cara mendaftar dan mendapatkan KIP kuliah, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan, kalian bisa tanyakan melalui kolom komentar.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

- Advertisement -

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -