- Advertisement -

Seperti Apa Soal Ujian Masuk Kuliah Manajemen?

- Advertisement -

Bagi kali yang akan memasuki bangku perkuliahan terutama yang ingin masuk perguruan tinggi negeri / PTN, kalian harus mempersiapkan diri kalian karena ujian masuk perguruan tinggi negeri sangatlah ketat. Hal ini karena peminatnya yang banyak sedangkan hanya memiliki daya tampung yang sedikit. Seperti apa soal ujian masuk PTN, terutama jurusan kuliah manajemen?

Jurusan kuliah manajemen merupakan jurusan favorit setiap kampus atau universitasnya. Tak heran jika jurusan ini memiliki daya saing yang tinggi dan sulit untuk bisa diterima. Jurusan manajemen mempelajari tentang keuangan, manajemen, ekonomi, dan sumber daya manusia. Jurusan ini masuk dalam rumpun Soshum, kalau di SMA bisa dikatakan IPS.

Jadi soal ujian masuk untuk masuk jurusan kuliah manajemen tentunya menggunakan mata pelajaran IPS, apa saja itu? Ekonomi, Sejarah, Sosialogi, Akuntansi, dan Geografi. Jadi untuk memasuki jurusan ini yang harus kalian pelajari adalah mata pelajaran IPS dan soal-soalnya berhubungan juga dengan mata pelajaran IPS. Ada 3 jalur masuk untuk masuk perguruan tinggi negeri.

Jalur Seleksi SNMPTN

Jalur SNMPTN adalah jalur yang menggunakan nilai raport dan tidak memerlukan tes atau mengerjakan soal ujian masuk. Nilai raport yang digunakan adalah nilai raport dari semester 1 sampai 5. Jadi supaya kalian bisa masuk penjaringan dan diterima PTN melalui jalur ini maka kalian harus mempertahankan nilai raport kalian agar selalu bagus. Jika kalian ingin masuk jurusan kuliah manajemen kalian harus dari SMA jurusan IPS atau IPA agar memiliki peluang untuk diterima.

Jalur Seleksi SBMPTN

Untuk jalur seleksi SBMPTN ini akan menggunakan nilai tes, tes yang dilaksanakan untuk mengikuti SBMPTN dinamakan UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer). Dalam UTBK ini ada 3 rumpun ujian, yaitu Saintek (IPA), Soshum (IPS), dan Campuran (Saintek dan Soshum). Jika kalian ingin memasuki jurusan kuliah manajemen dan jurusan IPS lain, maka kalian bisa memilih ujian Soshum.

Jalur Seleksi Mandiri

Jalur mandiri ini ada yang menggunakan tes dan ada juga yang menggunakan nilai UTBK SBMPTN. Untuk jalur mandiri ini sebenarnya tidak ada bedanya dengan jalur SBMPTN, rumpun ujiannya pun sama. Namun yang berbeda biasanya adalah pada UKT (Uang Kuliah Tunggal) dan uang pangkal/uang gedung. Untuk soal yang diujikan sama seperti tes UTBK di SBMPTN.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

- Advertisement -

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -