- Advertisement -

Jurusan Kuliah yang Sedikit Peminat di SBMPTN

- Advertisement -

Jurusan Kuliah yang Sedikit Peminat di SBMPTN – Bagi kalian yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri maka kalian harus mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Dalam memilih universitas kita memang harus bisa memilih dan mempertimbangkan banyak hal seperti peminat. Universitas / jurusan yang memiliki peminat yang sedikit atau sepi peminat maka memiliki banyak peluang untuk bisa diterima masuk.

Seleksi perguruan negeri ada 3, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri. SNMPTN adalah seleksi tanpa tes yang menggunakan nilai raport SMA semester 1-5 dan juga prestasi. SBMPTN adalah seleksi yang menggunakan tes yang bernama UTBK. Seleksi mandiri ialah tes yang dilaksanakan oleh perguruan tinggi negeri baik dengan nilai UTBK atau tes ujian.

Dari 3 tes tersebut, SNMPTN dan SBMPTN biasanya yang paling banyak diminati karena tidak akan dikenakan uang pangkal/uang gedung perguruan tinggi, berbeda dengan seleksi mandiri yang biasa ada uang pangkalnya.

Karena SNMPTN dan SBMPTN memiliki banyak peminat tentulah terjadi persaingan yang ketat. Kalian harus pandai dalam memilih jurusan dan universitas yang sesuai dengan minat dan keinginan serta memiliki sedikit peminat supaya mendapat peluang lolos yang besar. Berikut ini universitas yang memiliki memiliki sepi peminat.

Ruang Kelas // pexels

Jurusan Kuliah yang Sepi Peminat dalam SBMPTN

1. Jurusan Akuakultur Universitas Teuku Umar

Daya tampung program studi ini pada SBMPTN 2019 adalah 30 orang. Namun pada SBMPTN 2018 peminatnya hanya 39 orang. Dengan begitu persaingannya sangat rendah 1:2 pun tidak ada sehingga jika kalian minat jurusan ini peluang lolos sangat tinggi. Walaupun sedikit peminat jurusan universitas namun peluang untuk lulusnya sangat besar.

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Sepi Peminat dan Tidak Favorit

2. Jurusan Sumber Daya Akuatik Universitas Teuku Umar

Dalam SBMPTN 2019 program studi ini menerima 30 orang namun pada SBMPTN 2018 peminatnya hanya 23 orang. Sehingga jika kalian tertarik dengan jurusan ini, pasti kalian bisa lolos jika mendaftar di universitas ini.

3. Jurusan Teknik Material Universitas Malikussaleh

Pada SMBPTN 2019 jurusan ini memiliki daya tampung 54 orang, namun pada SBMPTN tahun 2018 tidak ada orang yang mendaftar jurusan ini. Program studi ini mempelajari tentang struktur, karakter, sifat, dll dari material.

4. Jurusan Sains Aktuaria Institut Teknologi Sumatra

Pada tahun 2018 sama seperti jurusan teknik material, jurusan sains aktuaria juga melik peminat. Padahal jurusan ini memiliki prospek kerja yang bagus karena bisa bekerja di bidang asuransi, ekonomi, dan keuangan. Jika kalian suka dengan jurusan ini kalian bisa mencoba untuk mendaftar walaupun memiliki sedikit peminat jurusan dan universitas yang penting sesuai passion dan keinginan kalian.

5. Jurusan Seni Pendalangan ISI Surakarta

Peminat program studi ini di tahun 2018 hanya 13 orang. Pada tahun 2019, jurusan ini membuka 10 kursi mahasiswa. Padahal jurusan ini memiliki nilai budaya yang tinggi dalam pelestarian budaya terutama dunia pendalangan. Jika kalian tertarik untuk menjadi dalang kalian bisa masuk ke jurusan ini.

6. Jurusan Pengolahan Hutan Universitas Sebelas Maret UNS

Pada tahun 2019, program studi ini menerima 25 kursi mahasiswa. Pada tahun 2018 tidak ada yang mendaftar jurusan ini, padahal jurusan ini hampir mirip dengan jurusan kehutanan. Program studi ini mempelajari tentang manajemen hutan, silvikultur, pengolahan hasil hutan, dan masih banyak lagi. Jika kalian suka dengan jurusan ini walaupun memiliki sepi peminat / sedikit peminat namun kalian bisa kuliah di top 10 Universitas di Indonesia.

Itulah dia jurusan di universitas yang memiliki sedikit peminat. Jika kalian tertarik untuk masuk ke jurusan tersebut maka kalian bisa mendaftar SBMPTN atau SNMPTN dengan memasukkan pilihan jurusan tersebut. Demikian artikel mengenai jurusan kuliah yang sepi peminat di SBMPTN. Jika ada pertanyaan, bisa kalian tanyakan melalui kolom komentar.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

- Advertisement -

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -