- Advertisement -

Jurusan Kuliah yang Sepi Peminat dan Tidak Favorit, Seperti Apa?

- Advertisement -

Sebagai calon mahasiswa ada baiknya sudah memiliki rencana untuk memilih jurusan kuliah yang seperti apa. Apakah ingin masuk jurusan kuliah yang memiliki peminat yang banyak dan populer atau ingin masuk jurusan kuliah yang sepi peminat atau tidak populer. Hal itu yang harus kalian tentukan mulai dari sekarang.

Ada banyak piliah program studi di perguruan tinggi di Indonesia. Memilih jurusan yang sepi peminat mungkin tidak buruk apalagi jika yang dituju adalah perguruan tinggi negeri. Namun, fakta bahwa hanya sedikit mahasiswa yang mengambil jurusan tersebut mungkin karena sumber daya manusia yang kurang serta fasilitas yang belum lengkap.

Meskipun kalian harus membuat pilihan utama berdasarkan minat dan keingian pribadi kalian sendiri. Dengan mengetahui jurusan kuliah yang paling tidak populer dan sedikit peminat mungkin bisa membantu kalian mendapatkan informasi dalam memutuskan jurusan kuliah yang akan diambil.

Jurusan Sepi Peminat: Jurusan Yang Tidak Jelas?

Dalam beberapa kasus, di universitas besar biasanya atau swasta banyak di jumpai jurusan yang merupakan cabang dari suatu jurusan. Misalkan cabang dari jurusan kuliah kesehatan seperti terapi musik atau fisioterapi memiliki sedikit peminat jika dibandingkan dengan cabang jurusan lain, seperti kedokteran atau ilmu gizi.

Baca juga: Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Di bidang tersebut prospek kerja yang dibutuhkan mungkin lebih sedikit dibandingkan dengan jurusan populer, seperti bisnis. Sehingga jurusan yang sepi peminat tersebut dianggap oleh sebagian orang memiliki prospek kerja yang buruk. Namun, setiap jurusan memiliki prospek kerjanya masing-masing yang tidak bisa digantikan oleh jurusan lain, jadi kalian tidak perlu khawatir dengan hal itu.

Jurusan Sepi Peminat: Peluang Kerja dan Gaji Rendah?

Calon mahasiswa juga dapat menghindari suatu jurusan kuliah sepi peminat dengan faktor prospek kerja dan gaji yang relatif rendah setelah lulus. Jurusan seperti Filsafat dan Teologi dikatakan memiliki beberapa gaji awal yang rendah dan memberikan kenaikan minimal di tahun-tahun berikutnya.

Walaupun uang bukan segala, namun kita pastinya perlu untuk merasa nyaman setelah lulus kuliah nantinya. Dengan memiliki pekerjaan dan gaji yang cukup maka akan membuat kita bisa menjalani hidup dengan baik dan nyaman tentunya.

Bisakah Jurusan Kuliah Sepi Peminat Berpeluang Mendapatkan Gaji Tinggi?

Ada jurusan yang menghasilkan lulusan yang sedikit dan memberikan pasokan tenaga kerja yang sedikit pula dalam pasar lowongan kerja. Jurusan seperti teknik metalurgi dan teknik nuklir adalah contoh jurusan yang memiliki sedikit peminat. Hal ini karena resiko kerja yang cukup tinggi namun akan membayar dengan gaji yang tinggi setelah lulus kuliah.

Jurusan lain seperti arsitektur dan ilmu hukum bisa menghasilkan lulusan dengan jumlah yang tinggi, tetapi para sarjana tersebut dapat meningkatkan prospek kerja dan gaji mereka . Hal ini bisa dilakukan dangan melanjutkan studi pascasarjana atau meningkatkan jam kerja dan pengelaman mereka.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

- Advertisement -

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -