- Advertisement -

5 Tips Belajar Terbaik untuk Gaya Belajar Visual

- Advertisement -

Pernahkah kalian mendengar tentang gaya belajar? Ada 3 gaya belajar yang dimiliki setiap orang, yaitu visual, audio, dan kinestetik. Ketiga gaya belajar ini memiliki keunikannya masing-masing dan tentunya memiliki cara yang termudah bagi pemiliknya untuk mengingat informasi yang mereka terima.

Untuk kali ini kita akan membahas tentang tipe belajar visual dan juga tips belajar yang terbaik dengan tipe belajar tersebut. Seperti apa hal yang membuat orang dikatakan memiliki gaya belajar visul? Kalian mungkin memiliki gaya belajar visual jika:

  1. Kalian ingin melihat masalah dari sudut yang berbeda.
  2. Lebih suka memproses informasi melalui grafik, diagram, dan infografis.
  3. Mudah dalam menghafal pola visual.
  4. Hebat mengingat wajah.
  5. Kalian ingin memetakan suatu masalah.

Jika kalian merupakan orang yang memiliki hal-hal diatas dalam diri kalian, berarti kalian memiliki gaya belajar visual. Sebaiknya kalian perhatikan tips belajar dibawah ini supaya kalian bisa meningkatkan IPK kalian.

1. Peta Konsep

Membuat peta konsep akan membantu mengatur ide secara grafis. Cara paling umum untuk membuat peta konsep adalah dengan menempatkan ide utama di tengah halaman, kemudian menggambar atau mengarahkan cabang ke ide-ide lainnya. Cocok untuk pelajar dengan gaya belajar visual karena memungkinkan mereka melihat bagaimana konsep yang berbeda saling berhubungan satu dengan yang lain sehingga mudah untuk diingat.

Baca juga: 5 Tips Belajar untuk Mahasiswa Tipe Kinestetik

2. Gaya Belajar dengan Kerangka dan Grafik Visual

Selain hanya membuat catatan dalam bentuk poin-poin atau bentuk paragraf, kalian bisa mencoba untuk menggabungkan elemen grafik ke dalam catatan kalian. Elemen grafik dalam catatan akan memudahkan pelajar tipe belajar visual untuk mengingat informasi.

Bisa dicoba dengan menuliskan informasi lain dibawah informasi utama lalu menghubungan informasi-informasi tersebut dengan grafik visual yang keren maka akan membuat catatan kalian menjadi lebih menarik.

3. Pemberian Warna

Pemberian warna tertentu pada catatan yang dibuat merupakan cara yang biasa digunakan banyak orang, selain untuk menandai bagian penting juga bisa membuat catatan lebih berwarna. Visualisasi warna dalam catatan juga akan membuat catatan menjadi menarik untuk dibaca. Dengan cara ini pemilik gaya belajar visual akan lebih mudah dalam mengingat informasi yang mereka dapatkan.

4. Gaya Belajar Visual dengan PowerPoint

PowerPoint adalah media yang bagus yang bisa digunakan untuk belajar secara visual. Jika dosen kalian tidak memberikan materi secara visual dengan PowerPoint, maka kalian bisa mengubah textbook atau catatan dari dosen kalian ke dalam bentuk PowerPoint sehingga kalian bisa belajar dengan lebih menarik dan tidak membosankan.

Itu dia tips belajar terbaik bagi kalian yang memiliki tipe belajar secara visual. Cobalah kalian terapkan tips diatas dan perhatikan hasil yang akan kalian dapatkan, apakah ada peningkatan dalam proses belajar kalian atau tidak dan terusnya bereksperimen dengan diri kalian. Jika ada pertanyaan bisa kalian tanyakan di kolom komentar.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

- Advertisement -

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -