- Advertisement -

Tips Belajar untuk Pelajar dengan Gaya Belajar Auditori

- Advertisement -

Gaya belajar auditori atau mendengar sangat bagus ketika mereka berada di dalam kelas. Mereka yang memiliki gaya belajar auditori bisa dengan lebih mudah untuk mengingat informasi dari sesuatu yang mereka dengar. Ketika di dalam kelas mereka cenderung untuk mendengarkan apa yang dosen jelaskan.

Dengan mendengarkan mereka jauh bisa lebih mamahami materi yang dosen berikan, berbeda ketika mereka membaca atau menghafal dengan catatan. Kuliah dan diskusi kelas menjadi format pembelajaran yang bagus dan ideal bagi orang-orang yang memiliki gaya belajar dengan mendengar.

Jika kalian tipe belajar autori, maka kalian harus memiliki hal-hal berikut:

  • Suka mendengarkan musik
  • Bisa mengingat banyak detail percakapan
  • Suka menjadi sosial.
  • Cenderung berbicara dengan diri sendiri ketika sedang sendirian

Jika kalian memiliki hal-hal tersebut dalam diri kalian maka kalian memiliki tipe gaya belajar auditori. Untuk itu, sebaiknya kalian simak tips belajar bagi pemilik gaya belajar mendengarkan berikut ini.

- Advertisement -

4 Tips Gaya Belajar Auditori

1. Jauhi Kebisingan

Kelemahan dari gaya belajar auditori adalah tidak bisa fokus apabila ada kebisingan saat belajar atau mendengarkan materi yang sedang dosen berikan. Ketika kelas sedang ramai dan berisik maka pemilik gaya belajar ini pun juga akan mengalami kesulitan dalam mengingat materi yang mereka dengar. Tips untuk pemilik gaya belajar ini adalah dengan menjauhi tempat yang ramai dan tempat yang cocok untuk mereka belajar adalah di kamar sambil mendengarkan musik.

Baca juga: 5 Tips Belajar Terbaik untuk Gaya Belajar Visual

2. Buat Mnemonics

Mnemonics merupakan cara gaya belajar mendengar dengan menambahkan nada atau irama dalam materi yang ingin kalian ingat. Bisa dikatakan cara belajar ini adalah dengan menyanyikan materi sehingga menjadi mudah untuk diingat. Contoh penggunaan mnemonics ialah pada saat menghafal alfabet A-Z dengan menyanyikannya.

3. Aktif dalam Diskusi

Karena percakapan adalah perangkat yang bagus untuk gaya belajar auditori, pastikan kalian untuk selalu aktif dalam diskusi di kelas dan mengajukan pertanyaan terkait materi yang belum kalian pahami kepada dosen. Hal ini bukan hanya membantu kalian mengingat materi yang sudah dosen ajarkan, tetapi juga memastikan bahwa kalian paham dengan materi yang sudah dosen berikan.

- Advertisement -

Baca juga: 5 Tips Belajar untuk Mahasiswa Tipe Kinesthetic

4. Rekam Pembelajaran Kuliah

Rekaman adalah senjata rahasia pembelajar auditori. Dengan merekam pembelajaran selama kuliah maka kalian bisa menafaatkan rekaman tersebut untuk mencatat kembali materi yang belum sempat kalian catat selama kelas, karena ada juga yang tidak bisa mencatat materi secara penuh selama kelas berlangsung. Rekaman yang sudah kalian simpan juga bisa kalian gunakan untuk merefresh kembali ingatan ketika akan berlangsung ujian.

Oke dia tips pembelajaran auditori yang bisa kalian terapkan nantinya. Jika kalian masih bingung dengan gaya belajar kalian, maka kalian bisa melakukan eksperimen terhadap diri kalian untuk menentukan gaya belajar yang cocok dengan kalian.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -
- Advertisement -