- Advertisement -

5 Tips Belajar untuk Mahasiswa Tipe Kinesthetic

- Advertisement -

Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda, salah satunya adalah gaya kinesthetic. Gaya belajar kinesthetic juga sering dinamakan gaya belajar taktil atau tactile learners. Gaya belajar taktil ialah gaya belajar dengan mengingat informasi berdasarkan pengalaman, mereka lebih cenderung menyimpan informasi. Tips belajar tipe kinesthetic adalah dengan melakukan gerakan.

Orang yang memiliki gaya belajar ini akan lebih mudah mengingat apabila media pembelajarannya berupa praktik sehingga mudah untuk diingat. Pemilik teknik belajar ini mungkin lupa sesuatu yang dibaca, tetapi akan lebih sering mengingat hal yang pernah dilakukan.

Gaya belajar ini bisa dilakukan jika:

  • Suka bekerja dengan tangan
  • Memiliki gaya hidup aktif
  • Cenderung melakukan gerakan bawah sadar selama kelas, seperti mengetuk kaki atau memutar-mutar pensil
  • Lebih suka eksperimen dan kegiatan pembelajaran langsung lainnya

Tips belajar untuk pemilik gaya belajar taktil adalah dengan praktek. Pelajar tipe belajar kinesthetic/taktil mengingat pembelajaran terbaik mereka ketika ada gerakan, jadi bisa dicoba untuk memasukkan aktivitas ke dalam rutinitas belajar kalian sebanyak mungkin. Kalian bisa memulai dengan tips berikut.

Tips Belajar untuk Tipe Taktil

1. Belajar dengan Mengajar

Cobalah mengajarkan materi yang sudah kalian pelajari kepada teman atau keluarga kalian. Ini merupakan salah satu tips studi yang paling efektif untuk pembelajar taktil. Kalian tidak hanya harus mengetahui materi dengan cukup baik untuk diajarkan, tetapi harus tahu bagaimana kalian mengajarkan materi tersebut kepada orang lain sehingga kalian bisa mengingat juga apa yang sudah kalian ajarkan.

2. Dapatkan Kenyamanan

Tips belajarnya bisa dilakukan sambil duduk di kursi yang nyaman atau berbaring sambil melakukan aktivitas yang bisa mendukung untuk belajar, misalkan membaca sambil mencatat. Namun setiap orang memiliki standar kenyamanannya masing-masing. Kalian bisa melakukan uji coba untuk menemukan kenyamanan belajar yang kalian miliki.

3. Membuat Catatan

Banyak pelajar gaya belajar taktil mengatakan bahwa dengan menulis maka akan membantu mereka menyimpan informasi. Ketika kalian sedang membaca atau mendengarkan pembelajaran kelas, pastikan kalian mencatat informasi yang kalian anggap penting sehingga akan memudahkan kalian untuk mengingat informasi tersebut. Tips yang bisa dilakukan adalah kalian harus bisa membuat catatan serapi mungkin dan bisa kalian pahaimi untuk membantu dalam belajar.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup sangat penting bagi diri kita. Terutama bagi kalian yang memiliki kelas sepanjang hari, setelah selesai kelas pastikan kalian memberikan waktu untuk istirahat bagi diri kalian, supaya kalian masih bisa belajar di hari berikutnya. Kalian perlu untuk merefresh otak kalian supaya kalian tidak merasa stress dan terbebani dengan belajar.

5. Temukan Gerakan yang Mendukung Belajar

Gerakan tersebut akan sangat berguna bagi tipe belajar taktil untuk memudahkan dalam mengingat atau terbebas dari rasa bosan. Tips gerakan yang bisa dilakukan seperti memutar pensil menggerakkan kaki, atau mengunyah permen karet (jika diijinkan oleh dosen) sehingga kalian tidak merasa gelisah juga selama proses belajar dan bisa melewati serta menikmati proses pembelajaran dengan baik.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

- Advertisement -

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -