- Advertisement -

Cara Mengingat Materi Pelajaran untuk Ujian

- Advertisement -

Siapa yang kalau akan mendekati hari ujian baru akan belajar? Banyak mahasiswa yang menerapkan SKS atau Sistem Kebut Semalam disaat akan menghadapi ujian atau deadline tugas. SKS mungkin efektif bagi kalian yang bisa mengingat dengan cepat namun dengan SKS materi pelajaran yang kalian ingat mungkin tidak akan bertahan laman.

Kalian mungkin harus mencoba sistem baru dengan belajar jauh-jauh hari sebelum akan dilaksanakan ujian. Sehingga saat akan mendekati ujian kalian bisa lebih santai dan tidak membebani pikiran kalian, serta tidak perlu belajar yang berat-berat mungkin bisa dengan membaca sekilas atau poin-poin catatan kalian bisa langsung mengingat semua materi yang sudah pernah diajarkan. Berikut tips supaya kalian bisa mengerjakan ujian dengan maksimal.

1. Belajar dengan teman sebaya

Cara Mengingat Materi Pelajaran untuk Ujian

Belajar dengan teman sebaya mungkin bisa membantu kalian mengingat materi pelajaran dengan cepat. Kalian bisa saling melempar pertanyaan dan menjawabnya sehingga bisa saling mengingat dari interaksi tersebut. Melakukan kontak percakapan tentang materi kuliah, dosen, dan pentingnya mata kuliah dengan teman seangkatan kalian akan lebih cocok karena saling beresonansi dalam satu hal yang sama.

Baca juga: 5 Tips Belajar Terbaik untuk Gaya Belajar Visual

Teknik ini sama seperti yang digunakan oleh mereka yang memiliki gaya belajar visual. Dengan mempraktikan materi dan saling mengajari orang lain maka akan memberikan pengalaman sehingga lebih mudah untuk mengingat daripada harus membaca buku atau textbook yang diberikan dosen.

2. Jangan Skip Kelas

Sebagai mahasiswa mungkin kita memiliki kebebasan yang tidak kita miliki saat dibangku SMA. Memang kita bisa bebas untuk mengikuti kelas atau tidak dengan alasan sakit atau hal lainnya. Namun, jangan sampai kalian keseringan untuk meninggalkan kelas karena kalian kehilangan dan tidak mengingat materi pelajaran yang diberikan oleh dosen apalagi jika tidak ada rekaman selama kuliah.

Beberapa perguruan tinggi menerapkan kebijakan yang mewajibkan mahasiswa untuk mengikuti kelas minimal 75% dari kelas yang pernah diadakan jika ingin mengikuti ujian akhir. Jadi jangan sampai meninggalkan kelas melebihi ketentuan sehingga kalian masih bisa mengikuti ujian.

3. Bersiaplah Mengikuti dan Mengingat Materi Pelajaran Selama Kelas

Hanya mengkuti kelas saja tidak akan menjamin kalian bisa mengingat semua materi pelajaran yang diberikan. Kalian perlu memperhatikan dan mencatat materi yang diberikan, jadi kalian harus mempersiapkan diri kalian untuk mengikuti kelas. Jika hal itu kalian rasa masih kurang, kalian bisa merekam percakapan selama kuliah yang tentunya sudah mendapatkan ijin dari dosen.

4. Membuat Catatan Materi yang Mudah Diingat

Buat catatan yang bagus dan menarik sehingga kalian bisa mengingat materi pelajaran dari catatan yang kalian buat. Kalian bisa dengan mencatat poin-poin penting dari materi atau bisa juga menambahkan warna-warna pada catatan kalian sehingga lebih menarik untuk dibaca.

5. Tidurlah yang cukup

Jangan lupa untuk membiarkan tubuh kalian untuk beristirahat, hal ini sangat penting supaya kalian masih memiliki tubuh yang bugar untuk bisa mengikuti kelas di kemudian harinya. Walaupun terkadang kita sebagai mahasiswa sangat sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup namun berusahalah untuk tetap mengistirahatkan tubuh kalian.

6. Minta bantuan kepada orang lain

Jika kalian merasa kesulitan dengan materi yang diajarkan kalian bisa bertanya kepada dosen kalian selama kelas berlangsung. Kalian juga bisa bertanya dengan teman kalian yang sudah paham dengan materi yang sudah diajarkan. Minta bantuanlah kepada orang lain namun kalian jangan sampai lupa juga untuk membantu orang lain ketika mereka membutuhkan bantuan kalian.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

- Advertisement -

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -