- Advertisement -

7 Motivasi & Tips Sederhana agar Mahasiswa Semangat Kuliah

- Advertisement -

Semakin bertambah semester kuliah kita rasa malas juga akan bertambah, berbeda ketika semester awal yang masih memiliki semangat untuk kuliah. Begitulah kehidupan mahasiswa, kita memerlukan motivasi kuliah baru supaya semangat untuk kuliah bisa muncul kembali. Terkadang kita memang ingin cepat-cepat mengakhiri kuliah namun ternyata hal itu tidak mudah.

Masa kuliah merupakan waktu yang tepat untuk menemukan hal-hal baru dan bertemu orang-orang baru. Namun, di waktu inilah kita juga bisa terlelap kedalam kesenangan dan lupa dengan tujuan awal kita kuliah. Saat kalian kembali ke kampus setelah liburan semester nantinya, gunakan tips dan motivasi ini untuk mengatur semester kuliah mendatang kalian mendatang. Dengan tujuan agar kalian bisa menyeimbangkan antara kuliah dan kesenengan.

1. Buat perjanjian dan motivasi kuliah dengan diri sendiri

Ini adalah cara yang tepat untuk memberikan motivasi diawal kuliah dan menyelesaikan sesuatu hal pekerjaan dengan tepat waktu. Kalian dapat membuat sebuah kesepakatan dengan diri kalian sendiri, baik untuk masalah kecil atau besar. Yang penting kesepakatan tersebut baik untuk perkembangan diri kalian.

- Advertisement -

Kalian bisa lakukan ini dengan mengatakan suatu hal atau janji kepada diri kalian. Misalkan jika semester ini aku mendapatkan IPK 3,5 aku akan bermain game dengan bebas dan berlibur dengan bahagia saat libur semester nanti. Bisa juga dimulai dengan hal kecil, misalkan jika bisa bangun pagi maka aku akan sukses dalam kuliah dan hidup, serta bisa mendapatkan dirinya.

2. Lakukan sesuatu mulai dari yang kecil dengan motivasi kuliah yang sederhana

Terkadang kalian hanya perlu memulai dengan melakukan hal-hal yang lebih kecil terlebih dahulu seperti membersihkan komputer/laptop kalian, atau membayar kos atau listrik, hal-hal ini merupakan motivasi kuliah dalam skala kecil terlebih dahulu. Disini kalian perlu menyadari bahwa kalian hanya perlu mulai termotivasi dalam hal kecil. Jika kalian benar-benar tidak merasa melakukan apapun maka mulailah untuk melakukan mulai dari sesuatu yang kecil.

Daftar Universitas Jurusan Manajemen Dakwah Akreditasi A & B
Motivasi Kuliah // pixabay.com

3. Lakukan tugas tersulit terlebih dahulu

Jika kalian bisa melakukan tugas tersulit terlebih dahulu maka hal itu akan meringankan banyak kekhawatiran kalian dan meningkatkan kepercayaan diri untuk mengerjakan tugas lain yang kalian miliki. Karena jika tugas yang paling sulit saja bisa kalian atasi, maka tugas-tugas lain bukan menjadi masalah bagi kalian. Berikanlah motivasi kepada diri kalian untuk menyelesaikan segala tugas kuliah tepat waktu.

- Advertisement -

4. Jangan membandingkan diri kalian dengan orang lain

Ketika kalian membandingkan diri kalian dengan orang lain dan apa yang telah orang lain capai, maka hal itu akan dapat menghancurkan motivasi kuliah kalian. Yang perlu diingat adalah, akan selalu ada orang di depan kalian dan bisa lebih banyak dari yang bisa kalian bayangkan. Jadi jangan mencoba membandingkan diri kalian dengan orang lain dan cobalah untuk fokus pada hasil pencapaian kalian sendiri dan bagaimana kalian dapat meningkatkannya.

5. Ingat prestasi yang pernah kalian capai sebagai motivasi kuliah

Cobalah untuk mengingat kesuksesan dan prestasi masa lalu kalian dan biarkan hal tersebut menjadi motivasi kuliah bagi kalian. Selain dengan melihat kesuksesan kalian di masa lalu, kalian bisa juga melihat kegagalan di masa lalu untuk menjadi sebuah pembelajaran dan pengalaman serta buatlah kegagalan tersebut menjadi motivasi bagi kalian.

Link Pengumuman Kelulusan Hasil Pantukhir SPCP IPDN 2020
Lulus IPDN // ipdn.ac.id
- Advertisement -

6. Keluar dari zona nyaman dan jangan takut kegagalan

Kalian harus menghadapi tantangan yang kalian miliki di masa depan untuk mendapatkan dorongan motivasi kuliah yang alami. Semakin besar perjuangan dan hambatan dalam mencapai sesuatu maka akan semakin besar juga pencapaian yang akan di dapat. Maka kalian jangan takut untuk keluar dari zona nyaman kalian dan mulailah untuk memulai hal-hal baru tanpa takut dengan kegagalan yang akan dihadapi.

7. Melakukan segala sesuatu dengan rencana

Ketika kalian ingin mencoba melangkah ke hal baru maka persiapkan diri kalian dengan hal baru tersebut. Buatlah rencana yang matang sehingga kalian tidak ragu dan merasa takut untuk mencoba hal baru tersebut. Selain itu, hal tersebut juga akan membantu kalian dalam meningkatkan kepercayaan diri dan mental kalian apabila terjadi hal yang tak terduga di masa depan.

- Advertisement -

Rekomendasi Untukmu

Berikan Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here

Follow us

1,087FansSuka
843PengikutMengikuti
349PengikutMengikuti
- Advertisement -
- Advertisement -